Penelitian terbaru yang dipublikasikan di European Heart Journal tahun 2025 mengungkap bahwa minum kopi di pagi hari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular secara signifikan.
Studi ini menganalisis data dari 40.725 orang dewasa yang tergabung dalam National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) di Amerika Serikat.
Dipimpin oleh Dr. Lu Qi dari Tulane University, para peneliti mencatat bahwa peserta yang rutin minum kopi antara pukul 04.00 hingga 12.00 memiliki risiko 31% lebih rendah meninggal karena penyakit jantung dan 16% lebih rendah risiko kematian secara umum dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.
Penelitian ini merupakan yang pertama menelusuri hubungan antara waktu minum kopi dan dampaknya terhadap kesehatan.
Dr. Qi menjelaskan bahwa minum kopi di sore atau malam hari berpotensi mengganggu ritme sirkadian tubuh dan kadar hormon melatonin, yang dapat meningkatkan risiko peradangan dan tekanan darah tinggi—faktor yang memicu penyakit jantung.
Oleh karena itu, waktu minum kopi ternyata sama pentingnya dengan frekuensi dan jumlah konsumsi kopi.
Para peneliti juga menggarisbawahi pentingnya kebiasaan pagi hari, karena tubuh mengalami peningkatan aktivitas saraf simpatis saat bangun tidur, yang mendukung manfaat konsumsi kafein.
Sebaliknya, minum kopi di waktu yang salah bisa memperburuk kualitas tidur dan kesehatan jantung dalam jangka panjang.
Meski hasil riset ini menjanjikan, Dr. Qi menekankan perlunya studi lanjutan untuk menguji keabsahan temuan tersebut pada populasi global dan melalui uji klinis. Namun, ia menyimpulkan, “Minumlah kopi, tapi lakukanlah di pagi hari untuk manfaat kesehatan yang optimal.”
Statement:
- Dr Lu Qi, dari Tulane University, New Orleans, AS
“Penelitian sejauh ini menunjukkan bahwa minum kopi tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, dan tampaknya menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2. Mengingat efek kafein pada tubuh kita, kami ingin melihat apakah waktu minum kopi memiliki dampak pada kesehatan jantung,”
“Ini adalah studi pertama yang menguji pola waktu minum kopi dan hasil kesehatan. Temuan kami menunjukkan yang penting bukan hanya apakah minum kopi atau seberapa banyak minum, tetapi juga waktu minum kopi. Kami biasanya tidak memberikan saran tentang waktu minum kopi dalam panduan diet kami, tetapi mungkin kami harus mempertimbangkannya di masa mendatang,”
“Studi ini tidak menjelaskan mengapa minum kopi di pagi hari mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Kemungkinan penjelasannya adalah bahwa mengonsumsi kopi di sore atau malam hari dapat mengganggu ritme sirkadian dan kadar hormon seperti melatonin. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan perubahan faktor risiko kardiovaskular seperti peradangan dan tekanan darah,”


![obat obatan herbal [dok. web]](https://genlink.co.id/wp-content/uploads/obat-herbal-doktersehat-300x200.jpg)
![hati hati Hantavirus [dok. web]](https://genlink.co.id/wp-content/uploads/2026-05-13-hantavirus-terdeteksi-di-indonesia-wna-jalani-isolasi-di-rspi-sulianti-saroso-300x169.jpg)